Melihat perkembangannya saat ini, internet merupakan kebutuhan pokok
bagi masyarakat luas. Bukan lagi barang mewah, internet sekarang sudah
mudah didapat / diakses. Berbagai pekerjaan ataupun kebutuhan dapat
dengan mudah diselesaikan melalui internet. Layanan - layanan yang ada
di internet memang sangat membantu, terlebih lagi tidak hanya satu jenis
layanan, di internet banyak layanan yang siap membantu kebutuhan
netizen.
Di bawah ini adalah macam - macam layanan yang ada di internet, diantaranya :
1. E-Mail (Electronic Mail)
Electronic Mail (email) yang berarti surat elektronik ini berfungsi
untuk mengirim surat. Menurut sejarahnya layanan ini adalah yang layan
internet pertama di dunia. Bahkan saya baca di
wikipedia email tercipta sebelum internet diciptakan. Dengan adanya layanan
E-Mail orang - orang dimudahkan dalam mengirim surat. Contoh layanan email adalah
Yahoo,
Gmail, dll.
2. E-Commerce
E-Commerce adalah layanan internet yang digunakan untuk kepentingan
ekonomi. Toko online merupakan salah satu contoh dari layanan
E-Commerce. Dengan adanya layanan ini, kita tidak perlu pergi ke toko
untuk berbelanja, karena kita bisa membeli barang secara online.
Contohnya di Lazada.
3. E-Banking
Dengan adanya E-Banking proses transfer uang yang Anda lakukan bisa
berjalan dengan cepat. Saat ini sudah banyak Bank yang menyediakan
layanan ini, sehingga para pengguna Bank tersebut tidak perlu pergi ke
ATM untuk melakukan transfer uang. Bahkan beberapa bank sudah merambah
ke dunia mobile, sehingga kegiatan transfer uang bisa dilakukan dimana
saja dan kapan saja.
4.E-Learning
Merupakan sistem pembelajaran elektronik, dimana peserta didik dan guru
tidak bertatap muka secra langsung melainkan dari jarak jauh. Komputer
menjadi perantara antara pengajar dan peserta didik. Dengan adanya
e-learning kita dapat membaca materi secara berulang - ulang. Namun
dapat mengurangi interaksi antara guru dengan murid secara langsung.
5. E-Goverment
E-Goverment merupakan bentuk pelayanan pemerintahan terhadapt
masyarakatnya dengan memanfaatkan teknologi informasi. Ada beberapa
model penyampaian utama yaitu
Goverment to Citizen / Goverment to
Customer (G2C),Goverment to Employ (G2E), Goverment to Business (G2B),
dan Goverment to Goverment (G2G). E-Goverment diharapkan dapat mpeningkatan efisiensi, kenyamanan, serta aksesibilitas yang lebih baik dari pelayanan publik.
6. Milist (Mailing List)
Milist atau Mailing List adalah layanan yang digunakan untuk berdiskusi
dalam suatu komunitas atau organisasi. Setiap anggota milist dapat
membaca surat dari anggota lainnya yang berada dalam lingkaran grup
diskusi. Dan setiap anggota juga berhak membalas surat atau tidak.
Apabila ada salah satu anggota yang membalas pesan maka semua anggota
yang berada dalam lingkaran grup diskusi akan mendapat balasan tersebut.
Dalam milist setiap orang dapat berlangganan atau berhenti
berlangganan.
7. IRC (Internet Relay Chat)
IRC atau akrab disebut layanan chatting adalah suatu teknologi dimana
setiap orang dapat berinteraksi dengan orang lain yang jaraknya jauh.
Dengan adanya teknologi ini kita dapat berkenalan dengan orang baru dan
memperbanyak teman atau relasi. Kita pun bisa saling melihat wajah lawan
bicara kita apabila komputer kita/orang tersebut dilengkapi WebCam.
8. VOIP (Voice Over Internet Protocol)
VOIP memungkinkan kita untuk berbicara melalui telepon dengan biaya
gratis. VOIP hanya membutuhkan koneksi internet sehingga tidak perlu
menggunakan pulsa. Di Indonesia terdapat VOIP Rakyat, Anda bisa
menggunakan fasilitas ini dengan gratis.
No comments:
Post a Comment